Khasiat Buah Untuk Kesehatan | Perawatan Tubuh

Aneka Khasiat Rambutan Bagi Kesehatan

BUAH RAMBUTAN Buah rambutan merupakan salah satu buah tropis yang paling populer dan banyak digemari oleh berbagai kalangan di tanah air, terutama varietas "rambutan binjai". Rambutan, dengan nama ilmiah "Nephelium lappaceum" adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau "Sapindaceae", berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" merujuk kepada bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai banyak rambut.

Buah rambutan merupakan buah eksotis daerah tropis dengan daging buah berwarna putih, berasa manis dan berair. Selain rasa buahnya yang biasanya manis tersebut, buah rambutan ternyata mempunyai aneka khasiat bagi kesehatan tubuh, di antaranya sebagai berikut :

1. Meningkatkan Energi Pada Tubuh.
Bagi Anda yang mudah capek dalam berbagai aktivitas pekerjaan, mengkonsumsi buah rambutan ini dapat meningkatkan energi dengan cepat. Hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melindungi Tubuh Dari Berbagai Radikal Bebas.
Udara yang kita hirup setiap saat juga mengandung zat-zat berbahaya yang bernama radikal bebas. Buah rambutan mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut.

3. Penurun Berat Badan Yang Efektif.
Buah rambutan mengandung sumber serat dan air sehingga membuat tubuh kenyang dan tidak mudah lapar dalam waktu yang relatif lama, jadi cukup efektif untuk mengontrol dan menurunkan berat badan.

4. Penangkal Anemia Yang Ampuh.
Sumber zat besi pada buah rambutan dapat menghindarkan rasa pusing dan menangkal anemia karena zat besi berkaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan tubuh, serta membuat kita tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja.

5. Pencegah Kanker Yang Ampuh.
Asam Gallic didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.

6. Menguatkan Sistem Imunitas Pada Tubuh.
Kandungan unsur tembaga pada buah rambutan bermanfaat besar dalam produksi sel darah putih sehingga meningkatkan dan menguatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Sel darah putih inilah yang bertugas melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang membahayakan tubuh.

7. Menyehatkan Organ Ginjal.
Kandungan fosfor dalam buah rambutan berperan nyata untuk menghilangkan berbagai limbah dan racun yang terkonsentarasi di dalam organ ginjal.

Semua buah mempunyai khasiat kesehatan bagi tubuh asal dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.
0 Komentar untuk "Aneka Khasiat Rambutan Bagi Kesehatan"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top