Khasiat Buah Untuk Kesehatan | Perawatan Tubuh

Khasiat Buah Semangka Untuk Menurunkan Hipertensi

BUAH SEMANGKA Buah semangka yang banyak mengandung air sering disajikan dan disantap sebagai hidangan penutup untuk pencuci mulut setelah makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah semangka berkhasiat untuk menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan risiko serangan jantung, terutama bagi orang gemuk.

Penelitian yang terbit di dalam "American Journal of Hypertension" mengungkapkan, konsumsi buah semangka menyehatkan jantung dan mengurangi risiko gangguan jantung dalam kondisi dingin.

Profesor Arturo Figueroa dari "Florida State University" mengatakan, "Tekanan pada aorta dan pada jantung menurun setelah mengkonsumsi ekstrak semangka." Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa buah semangka mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan pada orang yang kelebihan berat badan (obesitas), bahkan ketika mereka terpapar cuaca dingin.

Para ilmuwan melibatkan 13 pria dan wanita paruh baya penderita obesitas dan tekanan darah tinggi selama 12 minggu. Penelitian mengharuskan tangan partisipan dicelupkan ke dalam air dingin untuk mensimulasikan kondisi cuaca dingin, sementara ilmuwan peneliti mengukur tekanan darahnya.

Kemudian, setiap hari 50 persen partisipan mengambil ekstrak semangka, empat gram asam amino L-citrulline dan dua gram L-arginin setiap hari. 50 persen partisipan lainnya diberi ekstrak plasebo (palsu). Lalu setelah enam minggu, peran ini ditukar diantara dua grup partisipan tersebut.

Hasil penelitian mengungkapkan, buah semangka menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres jantung, bahkan pasa saat kondisi dingin.

"Ini berarti kurang kelebihan pada jantung, sehingga jantung mudah bekerja pada situasi stres, seperti paparan dingin," kata Profesor Figueroa. Tercatat, suplemen L-citrulline dan L-arginine harus terasup dalam dosis tinggi untuk mengurangi tekanan darah.
0 Komentar untuk "Khasiat Buah Semangka Untuk Menurunkan Hipertensi"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top