Khasiat Buah Untuk Kesehatan | Perawatan Tubuh

Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

BUAH MANGGIS Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropis yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berpangsa dan berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Buah manggis dikenal sebagai "ratu buah", merupakan pasangan dari durian, si "raja buah". Buah manggis ini mempunyai khasiat anti-inflamasi dan antioksidan. Di luar negeri, buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, mulai dari isi (buah), biji bahkan kulitnya.

Berbagai kandungan khasiat dan manfaat yang terdapat dalam buah dan kulit manggis, di antaranya sebagai berikut :
Mengandung senyawa xanthone
Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menghambat penuaan
Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda.

Antikanker
Selain sebagai antioksidan, khasiat xanthone juga sebagai antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

Menyehatkan mata, kulit dan rambut
Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

Meningkatkan stamina dan tenaga
Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.

Karena khasiat dan manfaat yang sangat besar dalam kulit manggis, maka jangan buru-buru membuang kulit manggis setelah mengkonsumsi buahnya. Kita bisa membuat sendiri seduhan dari kulit manggis sendiri, meskipun rasanya agak pahit, tapi berkhasiat.

Untuk membuat seduhan dari kulit manggis, caranya cukup mudah. Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit dari 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan disaring untuk kemudian diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Akan tetapi menurut Liska Yunitasari dalam bukunya "Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis", Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi.

Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.
0 Komentar untuk "Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan "

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !

Back To Top